KEGIATAN EKSPLORASI RAPOR PENDIDIKAN TAHUN 2025 PADA KOMBEL KASABUA NGGAHI SDN 10 PENATOI KOTA BIMA
Kota Bima, 13 Desember 2025
Pada hari ini sabtu, 13 desember 2025.SDN 10 Pe natoi Kota Bima melaksanakan kegiatan Eksplorasi Rapor Pendidikan Tahun 2025 pada Kombel Kasabua nggahi SDN 10 Penatoi Kota Bima.
Kegiatan eksplor Rapor Pendidikan dipaparkan oleh Kepala SDN 10 Penatoi Kota Bima Ibu Ardianti, S.Pd dihadiri oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta pengawas pembina/pendamping satuan pendidikan Ibu Maryati,M.Pd.
Dalam paparan materi ibu Ardianti,S.Pd menyampaikan bahwa Tujuan utama dari eksplorasi Rapor Pendidikan adalah sebagai referensi utama untuk analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas sistem pendidikan secara obyektif dan terintegrasi.atau untuk menganalisis, merencanakan, dan menindaklanjuti peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan dengan mengidentifikasi akar masalah dan kekuatan di satuan pendidikan melalui data Asesmen Nasional (AN) yang objektif, sehingga sekolah dan dinas pendidikan dapat membuat perbaikan yang tepat sasaran.
Panduan perencanaan berbasis data ada 4 ;
1. Mengidentifikasi Akar Masalah: Memahami kondisi dan tantangan spesifik yang dihadapi sekolah atau daerah berdasarkan data objektif dari Asesmen Nasional dan survei lainnya, seperti kemampuan literasi, numerasi, karakter, iklim keamanan, dan kualitas pembelajaran.
2. Melakukan Refleksi Diri: Mengevaluasi kinerja sekolah atau daerah secara internal dan eksternal untuk perbaikan mutu yang berkelanjutan.
3. Merencanakan Program yang Tepat Sasaran (Perencanaan Berbasis Data): Merancang program dan mengalokasikan anggaran (seperti dana BOS) secara lebih efektif dan efisien, berorientasi langsung pada kebutuhan murid dan area yang perlu ditingkatkan, bukan sekadar administrasi.
4. Merumuskan Solusi dan Strategi Pengajaran: Guru dapat menggunakan data untuk merencanakan strategi pengajaran yang lebih tepat sesuai dengan tujuan dan keragaman potensi murid.
Dengan mengeksplor rapor pendidikan kepala sekolah dan guru dapat mengetahui dari segi mana yang kurang sehingga dapat diperbaiki atau dibenahi sehingga rapor pendidikan ditahun berikutnya bisa meningkat.tuturnya
Dilanjutkan dengan Pengawas Pembina Ibu Maryati,M.Pd bahwa dengan kegiatan eksplorasi rapor pendidikan guru dan kepala sekolah akan paham apasih yang kurang sehingga kita dapat mengkoreksi diri kita.sehingga kita sebagai pendidik dapat mengkatkan kualitas diri kita.sesuai dengan Prinsip Pembelajaran Mendalam.
Prinsip Pembelajaran Mendalam (PM)
Ini adalah konsep utama dalam Kurikulum Merdeka untuk menjawab tantangan abad ke-21:
1. Berkesadaran (Mindful) Siswa terlibat penuh, fokus, dan hadir saat belajar, dengan kesadaran penuh akan momen sekarang dan tanpa penghakiman.
2. Bermakna (Meaningful): Materi terhubung dengan kehidupan nyata, pengalaman siswa, dan mendorong pemikiran kritis serta aplikasi praktis.
3. Menggembirakan (Joyful): Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, aman, bebas tekanan, dan memotivasi eksplorasi ilmu.tuturnya